Cara Merawat Rambut Wanita Hijabers

Rambut yang berhijab tentu membutuhkan perawatan yang lebih ekstra di bandingkan rambut yang  tanpa hijab. Faktanya rambut yang berhijab akan cenderung lebih lembab dan rentan rontok. Jika hal ini tidak di tangani dengan perawatan rambut yang tepat maka bisa jadi  muncul masalah rambut seperti ketombe, rambut mudah patah dan gangguan rambut lainnya.

Untuk wanita yang rambutnya berhijab tentu harus benar benar paham dan mengerti tentang perawatan rambut yang tepat dan cocok untuk rambut hijab. jangan mentang-mentang pakai hijab dan rambutnya nggak kelihatan lantas melupakan kecantikan serta kesehatan rambut . Sebab anda yang memakai hijab juga harus merawat rambut dengan baik juga. Maka sadar atau tidak, untuk anda yang memakai hijab justru harus berusaha lebih keras agar rambut  tetap terawat, semakin sehat dan cantik bukan? Supaya rambut tetap terawat serta tidak mudah rontok meski pakai hijab, untuk itu sebaiknya ikuti tips tips untuk perawatan rambut hijab yang tepat :

  1. Lakukan keramas secara teratur

Untuk anda yang berhijab melakukan keramas yang teratur juga penting untuk menjaga kebersihan rambut, perawatan rambut dengan keramas secara teratur tentu selain membuat rambut yang bersih juga akan membuat anda menjadi nyaman dalam menggunakan hijab sepanjang hari. Di usahakan untuk melakukan keramas minimal 2 hari sekali.

  1. Pilih jenis hijab yang menyerap keringat

Menggunakan hijab untuk menutup aurat bisa menyebabkan kondisi rambut lembab dan berkeringat. Keringat bisa memicu rasa gatal pada kulit kepala, ketombe dan rambut yang mudah patah. Untuk itu melakukan perawatan rambut berhijab juga harus memperhatikan bahan dan jenis hijab yang anda gunakan. Ada baiknya anda menggunakan jenis hijab yang mudah menyerap keringat seperti kaosn ataupun katun.

  1. Jangan terlalu kencang mengikat rambut

Mengikat rambut terlalu kencang ini menimbulkan efek yang tidak baik untuk rambut salah satunya rambut akan mudah patah, selain itu mengiikat rambut terlalu kencang juga memberikan tekanan pada rambut yang bisa berakibat rambut rontok. Lebih baik anda memilih ikat rambut yang berbahan lembut untuk mengurangi tekanan pada saat rambut terikat.

  1. Hindari menggunakan hijab saat rambut basah

Rambut dalam kondisi basah lebih rentan terhadap kerontokan. Menghindari penggunaan hijab saat rambut basah merupakan poin paling penting jika tidak mau rambutnmudah rontok dan rusak. Sebab mengenakan hijab saat rambut masih basah bisa bikin kulit kepala lembab dan rentan membuat rambut rontok. Jadi kalau selesai keramas, maka usahakan agar mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum mengenakan hijab. Gunakanhanduk khusus untuk mengeringkan rambut, ini langkah perawatan rambut yang cukup mudah.

  1. Beri waktu rambut untuk istirahat

Maksudnya disini adalah memberikan waktu untuk istirahat. Karena rambut juga buth untuk bernafas dan juga rilex. Hal ini bisa anda lakukan dengan melepas hijab saat sudah tidak beraktivitas atau lebih baik di malam hari.  Memberikan waktu rilex untuk rambut juga akan menstimulasi nutrisi dalam rambut. selain itu perawatan rambut akan lebih maksimal jika rambut dalam kondisi yang rilex

  1. Konsumsi makanan bergizi

Selain melaukan perawatan rambut dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak namun kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Misalnya: kacang-kacangan, ikan salmon, bayam, pisang, semua ini dapat membantu memperkaya nutrisi rambut dari dalam.

  1. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Untuk merawat rambut hijab agar lebih maksimal anda sebaiknya menggunakan produk perawatan rambut yang tepat , tepat dalam hal cocok untuk jenis rambut anda, teruji kualitasnya dan terbukti hasilnya. Saran untuk anda dalam memilih produk perawatan rambut jangan pernah sembarangan, pastikan anda menggunakan produk yang tepat karena salah memilih perawatan rambut bisa berakibat pada kerusakan rambut.

Selain tips diatas ada juga saran lain untuk ladies yang berhijab yaitu Coba beralih ke jenis kondisioner yang tanpa dibilas (leave in conditioner). Aplikasikan setelah Anda keramas, pada rambut yang setengah kering dan masih lembap. Angin-anginkan sebentar hingga rambut benar-benar kering. Pastikan rambut selalu dalam keadaan bersih dan kering sebelum menggunakan topi atau jilbab. Rambut yang  lembap dan tertutup adalah “sarang” yang nyaman bagi jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Ok ladies,, itu tadi tips mudah untuk memilih perawatan rambut hijab yang tepat bagi anda, mudah bukan??  Yuk terapkan tipsnya dari sekarang dapatkan rambut hijab yang sehat dan bebas masalah rambut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s